Minggu, 03 April 2016

Desain Motor Terbaik 2016 : Yamaha R1

Yamaha YZF-R1 telah menerima penghargaan Red Dot Award: Product Design 2016. Red Dot Design Award adalah sebuah penghargaan desain internasional yang diselenggarakan oleh Design Zentrum Nordrhein Wetsfalen di Jerman. Dimana diakui bahwa penghargaan desain terbaik tersebut merupakan sebuah penghargaan bergengsi di dunia.

Dimana disetiap tahunnya dipilih produk yang memiliki kualitas yang luar biasa dan dibagi menjadi 3 kotegori yaitu  Desain Produk, Desain Komunikasi, dan Desain Konsep. Sedangkan motor Yamaha R1 ini mendapatkan penghargaan kategori Desain Produk terbaik 2016.

Penghargaan The Red Dot Award merupakan penghargaan yang ketiga yang diraih Yamaha R1 dimana sebelumnya telah meraih penghargaan Good Design Award 2015 dan IF Design Award 2016.

Supersport Yamaha YZF-R1 ini memang merupakan motor sport yang memiliki desain terbaik yang dikembangkan dari Yamaha YZR-M1 yang digunakan pada balap MotoGP. Sebagian media justru mengharapkan yang mendapatkan desain terbaik adalah Yamaha R1M yang merupakan varian special edition, yang tentunya edisi special memiliki desain dan teknologi yang lebih bagus.

Yamaha YZF-R1 ini pertama kali diproduksi adalah sejak tahun 1998 dan telah mengalami berbagai perubahan. Adapun dari segi mesin ia dibekali dengan mesin berkapasitas 998cc liquid cooled 4 silinder DOHC yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 200 PS @ 13.500 rpm dan torsi maksimum 112.4 Nm @ 11.500 rpm.

Walaupun Yamaha R1 meraih sebagai motor dengan desain terbaik, tidak menuntut kemungkinan bahwa produk ini memiliki cacat. Dimana pada Desember 2015 Yamaha melakukan Recall seluruh model Yamaha R1 dan R1M keluaran 2015 yang mengalami masalah pada Gearbox.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar